FAQ Janis



Apa itu JANIS?
JANIS (Jalan Inovasi Sosial) merupakan sebuah komunitas sosial yang bergerak di bidang pengembangan dan penerapan inovasi sederhana namun tepat guna.

Siapakah Inisator dibalik berdirinya JANIS dan kapan terbentuknya?
Founder komunitas JANIS adalah Rizky Kurnia Wijaya, beserta Co-Founder Dony Rizky Pratama. Janisian (Sebutan bagi para volunteer di JANIS) pertama diikuti oleh  11 Pioneer Perintis, yaitu: Abdul Haris, Aditya Darmawan, Ariefalgi Budianto, Destoprani Brajannoto, Ferly Angga, Hesti Setya, Martin Reza, Merry Agustina, Moh. Fikri, Muh. Iqbal, dan Suci Aprodity (alphabetical order). Janis terbentuk pada tanggal 22 July 2015.

Apakah tujuan JANIS?
Dengan Tagline: Build The Nation with Innovation, JANIS bertujuan untuk meningkatkan rasa kepedulian dan jiwa kreatifitas anak muda dengan cara berinovasi. Inovasi yang dilakukan bertujuan untuk mempermudah kehidupan masyarakat yg berada di pulau atau daerah yg cukup tertinggal. Inovasi yg dimaksud merupakan inovasi sederhana yg bisa diaplikasikan oleh siapa saja tanpa harus menjadi ahli di bidangnya. Selain sederhana dan aplikatif, inovasi tersebut juga diharapkan mampu memiliki nilai tepat guna bagi masyarakat.

Apakah contoh Inovasi yg dihasilkan dari JANIS?
Contohnya, disebuah pulau tidak dialiri listrik untuk penerangan, kita coba membuat inovasi penerangan sederhana mengunakan botol plastik yg diberi bleach, lalu dipasangkan pada atap rumah untuk menerangi ruangan yg gelap pada siang hari. Atau membuat eco-brick dari sampah yg terdapat di pulau, dan menjadikannya gardu penyambutan selamat datang. Atau pembuatan blog pariwisata pulau dengan disisipkan peta digital beserta keterangan itinerary-nya, dan masih banyak contoh lainnya. Jadi inti dari kegiatan JANIS adalah tentang penerapan segala hal berbentuk inovasi, aplikatif dan sederhana namun tepat guna, demi kemajuan tempat tersebut. Untuk daftar Inovasi yg telah dan akan JANIS lakukan, lihat postingan berikut: Inovasi Janis.

Dimanakah kegiatan JANIS dilangsungkan?
Kegiatan JANIS berlokasi di Pulau Sebesi, yaitu sebuah pulau yg terletak di sebelah Gunung Krakatau. Kenapa Pulau Sebesi? Karena potensi di dalamnya masih sungguh sangat luas untuk digali. Namun tidak menutup kemungkinan, kegiatan JANIS kedepannya mampu berkembang ke pulau dan daerah lainnya di Indonesia.
Denah Lokasi Pulau Sebesi
Apa saja kegiatan yang dilakukan selama berada di pulau Sebesi?
Selain observing problem dan pengaplikasian inovasi, kegiatan utama yg dilakukan Janisian adalah "INCH" (Innovation Camp Hours), yaitu sharing ide dan gagasan kreatif  antar sesama Volunteer mengenai inovasi tepat guna bagi masyarakat sekitar. Terdapat pula kegiatan camping, jungle trekking, camp fire, snorkeling, fishing, dan kegiatan "Ngobor" bersama masyarakat lokal. Berikut contoh itinerary batch pertama: Itinerary Janis.

Bagaimana cara agar bisa bergabung menjadi Janisian volunteer?
Daftarkan diri kamu di form berikut: Pendaftaran JANIS. Nantinya kami akan menyeleksi dan menghubungi langsung calon volunteer terpilih untuk mengikuti kegiatan di batch berikutnya.

Adakah persyaratan khusus agar saya bisa terpilih?
Tidak ada persyaratan khusus untuk bisa bergabung. Para calon volunteer yg dipilih adalah mereka yg terlihat mampu untuk memberikan kontribusi nyata, serta siap bersusah-susahan selama berkegiatan di pulau. Bersusah-susahan yg dimaksud adalah, Janisian tidak akan bisa menemukan toilet selama dipulau sehingga melakukan prosesi buang air hanya bisa di laut atau semak-semak, memasak bersama setiap akan melakukan kegiatan makan, tidak terdapat listrik dan sistem penerangan, berjalan kaki selama observing di pulau, tidur diatas karpet dan terpal di bawah sinar rembulan, dan pengalaman unik lainnya yg akan ditemui selama kegiatan berlangsung.

Saya tidak pernah berkegiatan sosial, tapi saya mau ikut mencoba kegiatan volunteer ini. Adakah kemungkinan saya bisa lolos?
JANIS lebih memprioritaskan para calon volunteer yang kurang aktif berkegiatan sosial/volunteering, agar keseluruhan anak muda mampu merasakan sensasi berkegiatan sosial secara langsung.

Adakah biaya administrasi untuk bisa ikut bergabung kegiatan volunteer ini?
Tidak ada. JANIS tidak memberlakukan sistem administrasi apapun untuk bisa ikut bergabung menjadi volunteer. Karena JANIS merupakan sebuah komunitas volunteer dari pemuda untuk masyarakat, maka tidak ada pula uang konsumsi dan uang transportasi yg disediakan bagi volunteer yg ingin ikut membantu di dalamnya.

Berapakah estimasi biaya pribadi yang dikeluarkan masing-masing Janisian volunteer selama ikut berkegiatan di pulau?
JANIS menekankan hidup berhemat bagi semua volunteer sedari awal perjalanan. Oleh karena itu, semua biaya yg dikeluarkan selama kegiatan berlangsung ditekan seminimum mungkin. Contoh: Kita tidak akan membeli nasi selama di pulau, namun kita membawa sendiri beras 1 canting/orang untuk kemudian dimasak bersama. Janisian membawa kendaraan pribadi/menumpang agar bisa lebih menghemat cost transportasi, dan kegiatan berhemat lainnya.

Estimasi budget yg dikeluarkan untuk konsumsi dan transportasi masing masing volunteer selama 3 hari 2 malam, tidak lebih dari Rp. 130.000 (Volunteer berangkat dari Bandar Lampung). Berikut rincian dana bisa dilihat di: Itinerary Janis.

Untuk Janisian volunteer yg berasal dari luar Provinsi Lampung, berapakah estimasi biaya yg harus kami keluarkan?
Untuk teman-teman yg ingin mengikuti kegiatan JANIS dari luar Lampung, berikut kami berikan estimasi biaya apabila berangkat dari Jakarta.  Untuk teman-teman yg berasal dari daerah lainnya, silahkan ditambahkan estimasi biaya pribadi dari daerah kalian sampai tiba di Jakarta.
Kampung Rambutan - Merak        = Rp. 27.000.
Kapal Ferry Merak - Bakauheni    = Rp. 15.000.
Travel Bakauheni - Desa Kunjir    = Rp. 25.000.
Travel Desa Kunjir - Bakauheni    = Rp. 25.000.
Kapal Ferry Bakauheni - Merak    = Rp. 15.000.
Merak - Kampung Rambutan        = Rp. 27.000.
Estimasi biaya transportasi & konsumsi selama di desa Kunjir dan Pulau Sebesi   = Rp. 100.000
Total estimasi budget: Rp. 234.000.
*Bagi teman-teman yg memiliki estimasi biaya dari daerah kalian, silahkan hubungi kami untuk kemudian kami posting disini.

Saya tidak memiliki kendaraan pribadi, apakah saya tetap bisa ikut?
Janisian volunteer berangkat secara bersama-sama menggunakan motor dan mobil pribadi dari meeting point yg telah ditentukan. Nantinya, Janisian yg tidak membawa kendaraan bisa ikut menumpang dengan teman yg membawa kendaraan. Pembiayaan bensin masing-masing motor/mobil, disumbangkan oleh yg membawa kendaraan dan yg menumpang (dengan estimasi budget bensin Rp.15.000/orang). Hal tersebut dilakukan demi menekan cost pengeluaran selama perjalanan.

Apa sajakah perlengkapan yg harus saya bawa nantinya untuk ikut berkegiatan menjadi Janisian volunteer?
Berikut kami lampirkan beberapa perlengkapan yg dibawa oleh masing masing volunteer di batch pertama: Perlengkapan Batch 1.

Apakah feedback yg akan saya dapatkan setelah mengikuti kegiatan JANIS ini?
Janisian volunteer dipilih karena background pendidikan dan hobby yang berbeda-beda. Oleh karenanya, peluang untuk memperluas relasi dan kenalan baru akan semakin lebih terbuka lebar. Selain itu, kegiatan JANIS yg berfokus pada penerapan dan pengembangan ide-ide inovasi kreatif tepat guna diharapkan mampu memberikan dampak langsung maupun tidak langsung bagi warga setempat. Setiap Janisian volunteer nantinya akan diberikan sertifikat sebagai bentuk apresiasi telah ikut membantu dan berperan aktif dalam kegiatan JANIS.

Kapan next batch JANIS diadakan?
Masing-masing batch akan diadakan setiap 3 bulan sekali. Otomatis batch ke-2 akan dilangsungkan pada bulan October/November. Tidak menutup kemungkinan jadwal akan tentative sesuai dengan waktu dan kesempatan yg dimiliki masing-masing Janisian volunteer.

Berapakah jumlah volunteer yg ikut tergabung dalam setiap batch?
Untuk meningkatkan kualitas dibanding kuantitas, setiap batchnya JANIS hanya menerima sekitar 15-20 volunteer saja. Dari jumlah kuantitas yg terbatas tersebut, setiap Janisian volunteer diharap mampu memberikan peran aktif bagi kelompok, juga mampu membaur dengan volunteer lain sehingga lebih terasa ikatan persaudaraannya.

Bagaimanakah cara mengetahui informasi terbaru mengenai seluruh kegiatan JANIS?
Silahkan follow social media JANIS berikut:
FB: Janis Indonesia
Twitter: @janisianID
Instagram: @janisianID

Pertanyaan lebih lanjut silahkan menghubungi kontak berikut:
Email: janisindonesia@gmail.com
Line: janisian